Adsense

Sagusablog Diklat Online 46B : Bikin Blog Jadi Mudah

Untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas diperlukan tenaga pendidik (guru) yang profesional. Oleh karena itu selayaknya guru harus memiliki kompetensi yang memadai baik kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial maupun kompetensi kepribadian dalam menjalankan tugas. Kompetensi ini diharapkan mampu berjalan seiring dengan perkembangan jaman secara berkelanjutan. Integrasi keempat kompetensi ini tercermin dalam kinerja guru yang berkualitas. Kinerja guru yang berkualitas menunjukkan guru profesional. Agar dapat menjadi guru profesional maka guru harus selalu berusaha untuk melakukan pengembangan diri.




Upaya untuk menfasilitasi dan meningkatkan kompetensi guru telah banyak dilakukan oleh pemerintah dalam bentuk Pendidikan dan Latihan (Diklat) yang dilakukan dengan tatap muka secara langsung. Upaya ini mengalami kendala sehingga tidak semua guru di Indonesia dapat diikutkan dalam beberapa Diklat secara langsung. Kendala yang ada misalnya adalah letak geografis, besarnya jumlah guru, biaya, waktu dan kesempatan. Di sisi lain guru harus meninggalkan tugas ketika melakukan kegiatan Diklat. Kendala tersebut mengakibatkan guru yang menjadi sasaran Diklat menjadi tidak merata. 


                                                                Mars Ikatan Guru Indonesia


Ikatan Guru Indonesia mengadakan diklat satu guru satu blog angkatan 46B yang dilaksanakan pada tanggal 10 - 16 Agustus 2020. 

Materi kelas Sagusablog:
1. Membuat Blog dengan Blogger
2. Mengganti dan Mendesign template
3. Mendesign header blog 
4. Mengelola dan menghias blog
5. Membuat dan mengelola menu blog
6. Mengelola dan membuat soal online di google drive

Ikatan Guru Indonesia melalui berbagai pelatihan menawarkan pelatihan sagusablog dan saya ikuti sampai tulisan ini dibuat saya baru mengikuti modul ke 4. Sebagai bahan referensi untuk belajar coba akses  alamat berikut :

1. Materi Video Modul 1
2, Materi Video Modul 2
Semoga memberi perubahan besar bagi guru-guru di Indonesia

0 komentar:

Budidaya Akuaponik

Akuaponik merupakan sistem pertanian modern yang mengkombinasikan antara cara budidaya hidroponik dan akuakultur. Artinya, metode bercocok t...